Minggu, 12 Agustus 2018

“STARTUP” : SOLUSI AGRIBISNIS TERHADAP PERTANIAN INDONESIA


Indonesia sebagai negara maritim dan pertanian menjadi salah satu potensi terbaik negeri ini, pertanian menyangkut masalah pangan dan pakan, pakan berkaitan dengan hewan ternak yang akan kembali terkait dengan ketersediaan pangan. Pengelolaan pertanian adalah kunci keberhasilan ekonomi pertanian, teknik pertanian dan cara bertani tidak akan maksimal tanpa pengelolaan sistem pertanian. Peran agribisnis dalam perekonomian pertanian ini sangat penting, karena agribisnis mengolah sistem pertanian yang sinergi dan inovatif untuk menunjang jalannya pertanian Indonesia, untuk lebih maju.

Kita analisa dari sisi pertanian Indonesia sudah sangat baik, hanya saja masih ada yang salah dalam mata rantai penjualan, sering kali petani merasa tercekik oleh harga harga yang sangat tidak rasional, harga yang bernilai rendah bukan karena produk yang buruk, akan tetapi karena banyaknya tangan (tengkulak) yang mencekik harga hingga ke konsumen dari petani. Analisa ini yang harus menjadi dasar perbaikan yang harus kita lirik, sebaik apa pun produksi bila tidak ada harga jual yang sesuai tidak akan terjalin hubungan baik untuk terus berproduksi, maka tidak jarang petani yang akhirnya beralih profesi menjadi buruh. Sedangkan pangan adalah yang yang sangat penting, disinilah peran kita untuk memperbaikinya, baik dengan membuat pemerintah sadar, atau pun dengan tangan kita sendiri.
Dengan startup agribisnis kita bisa memulai dari mana kita memperbaiki ekonomi pertanian Indonesia dengan dini, usaha  berbasis startup bisa dilaksanakan dengan penuh inovasi dan terus maju. Dengan ikatan kerjasama juga modernisasi pertanian dapat menunjang perusahaan bangkit dengan pesat, semakin banyak perusahaan agribisnis yang maju di daerah, maka semakin tinggi ekonomi pertanian Indonesia. Suatu perusahaan dengan sistem agribisnis yang terus berevolusi, dan terus melakukan upgrading dapat mendongkrak pertanian, system baru yang dirancang khusus dapat bersaing di era globalisasi baik domestik atau pun internasional.
Saya berharap pertanian Indonesia dapat terus berinovasi dan terus maju, memapas mata rantai penjualan, dan para petani semakin sejahtera, pangan pun melimpah di negeri kita, hingga mampu bersaing di belahan bumi internasional. #kuymenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TANTANGAN GENERASI MUDA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI BIDANG PERTANIAN

Saat ini kita sedang berada pada era revolusi industri generasi keempat (revolusi industri 4.0). Ciri-cirinya adalah ditandai dengan pe...